Perang Merek : Coca Cola vs. Pepsi

Perang merek yang bikin semua orang di dunia pemasaran menahan nafas, mengerinyitkan dahi dan lalu garuk-garuk kepala, tentu saja antara dua merek raksasa yaitu Coca Cola dan Pepsi. Kedua-duanya berasal dari Amerika Serikat, negara yang sekarang lagi sibuk mengadakan pilcapres.

Coke vs Pepsi

Coke vs Pepsi

 

Semenjak dua merek tersebut ditahbiskan, masing-masing pada tahun 1886 dan 1903 antara keduanya sudah terjadi persaingan, saling sikut dan perang iklan, baik iklan cetak dan video. Mereka berambisi bisa meraih dominasi pasar minuman ringan berkarbonasi. Bisa dimaklumi kalau terkadang masalah etika sedikit terkesampingkan.

Kita ambil ilmunya saja lah. Nah, kini sambil tidak mempermasalahkan dulu masalah etika, mari kita lebih menyorot kreativitas Coca Cola dan Pepsi dalam upayanya memenangi simpati dan preferensi pelanggan.

Di www.Hongkiat.com  beberapa iklan video kedua merek bisa kita pelototin. Contoh-contoh iklan-cetaknya bisa dinikmati dan dianalisa di bawah ini.

Iklan Cetak:

 

23 Komentar

  1. Sampai segitunya yah… tapi apa boleh ya comparative advertising yang vulgar seperti gambar yang terakhir? Salam kenal juga, dari yang baru belajar Marketing

  2. wah…

    mpe begitunya….

  3. ini baru perang….bukan sindir-sindiran he he

  4. TAMBAHIN CONTOH LAIN DUNK….

  5. save to my Bookmarks ;)

  6. oooooooooooooooooy…
    perang terus sono
    kapan damai
    inget lo

  7. kunaon atuh perang wae,lamun kitu mah teu bisa nyelesaikeun masalah,emangna naon kitu prbedaannana nepi keun gelut wae????????????
    mendingan ge akur anjeunana teh pan keur musim global emeh selesai masalahna…………………………………………………………………………………………………………………………….
    oucHEH

  8. Klo bs merk coca-cola_y d gnti mnjdi LOLO-LOLA bgs kn!!!!!!!!!!!!!

  9. keren……….!!!! persaingan bgitu kuat.

    so……ada yang respect thp market leader.

    n’ konsumen tambah ada pilihan untuk minuman bsoda ini.

  10. persaingan yg sgt ketat,mnjukan mrk emg musuh bebuyutan

  11. bagus dong berperang demi mendapat pasar

  12. ini salah satu peperangan dalam marketing yang paling mencolok..
    kalo diluar iklan2 yg sengaja menyebutkan merek kompetitor sah sah aja..
    kaya iklannya adidas vs nike..
    atau machintos vs microsoft, dsb..
    tapi kalo di Indonesia pasti dilarang banget..
    jadi cuma bisa sindir2an aja deh..
    kaya iklan esia yg cume ngebedain provider lainnya dengan warna aja..

  13. KOCAK HABIS….HA..HA….

  14. iya-iya la,,persaingan ini bole bawa manfaat kpd kita sebagai pengguna, banyak variasi dapat di hasilkan melalui research ini..apa yang penting company kita sebagai pengguna harus bijak dalam membuat penilaian..sebabnya kedua-dua produk nie berasal dari Amerika, jadiny kita harus kurangkan pembelian cola@pepsi nie kerana ia akan menguntungkan yahudi semata..ingatla wahai teman2ku,,bantula agama sendiri sebelum membantu agama lain…insya’allah keberkatan bersama kita..

  15. iklanya kurang bagus ,gambary krng

  16. hahahahahahaahaha
    very funny,……

  17. wajar,, uang besar,,,, keren

  18. Very funny,,, I happen to like both,,, but I would chose Mountain dew over both

  19. ini nama nya persaingan ketat,..
    yg kuat dia yg menang,..

    salam knl buat smua

  20. pusing

  21. benar2 kreatif dan sangat menarik…..
    tapi kenapa begitu terang terangan ya???di indonesia tampaknya belum ada y yg seperti ini???

  22. hahaha lucu deh ah

  23. […] uyungs.wordpress.com […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.