Akuisisi untuk Membangun Portofolio Merek

Dibandingkan dengan pengembangan merek sendiri, akuisisi merek menawarkan cara cepat dalam membangun portofolio merek. Anda mungkin telah mengetahui merek-merek lokal yang telah diakuisisi oleh perusahaan multinasional tak kurang dari obat nyamuk Tiga Roda (Reckit Benckiser), saos tomat dan sambal ABC (oleh HJ Heinz), susu SGM (Royal Numico), air mineral Aqua (Danone), kecap cap Bango, teh Sariwangi dan makanan kudapan Taro (Unilever), biskuit Helios dan Nyam-Nyam (Arnott’s/Campbell).

Tidak jarang transaksi akuisisi melibatkan jumlah dana yang maha besar. Di sektor produk makanan, misalnya, perusahaan raksasa Philip Morris secara sistematis membangun portofolio merek dan posisi yang kuat di pasar dunia melalui akuisisi (antara lain perusahaan membeli Kraft, General Foods dan Jacobs Suchard). Untuk mencaplok Kraft –pemilik merek Kraft, Miracle Whip, dan Breyers— Philip Moris mengeluarkan dana tak kurang dari US $ 13 milyar. Contoh lain adalah United Biscuits, yang membayar lebih dari € 131 juta untuk mengakuisisi perusahaan Belanda Verkade di tahun 1990. Harga beli per lembar saham Verkade 24 kali lipat laba per sahamnya.

Kriteria terpenting akuisisi merek pada umumnya adalah posisi pasar yang dikuasai. Karena itu dalam strategi ini, kontrol atas posisi pasar yang diinginkan bisa maksimal. Hanya saja investasi finansial dalam akuisisi merek amat tinggi. Di tengah-tengah gelombang merger dan akuisisi, didorong oleh upaya sengit memperebutkan posisi penting di pasar, sejumlah transaksi pasar melambungkan harga perusahaan yang menguasai merek-merek potensial. Bagi pemasar, surplus ini adalah bukti bahwa merek tidak saja penting secara stratejik bagi perusahaan (misalnya meraup pangsa pasar), tapi juga penting secara finansial.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s