Strategi Merek Berharga Murah Tidak Perlu Diferensiasi

Selalu kita diwanti-wanti dalam hal positioning, setiap merek harus bisa dibedakan dari merek lain. Namun perlu diingat diferensiasi butuh investasi besar (dalam komunikasi pemasaran). Sementara  bagi pemasar yang memilih strategi biaya rendah tidak tersedia cukup anggaran buat komunikasi pemasaran, sehingga diferensiasi justru tidak disarankan. Untuk memikat konsumen pada merek dengan strategi biaya rendah, pemasar sebaiknya mengadopsi atribut-atribut intrinsik produk yang sudah terbukti sukses dengan strategi premium atau prestis. Jadi, strategi biaya rendah justru memilih kebalikan diferensiasi: identifikasi.

Dalam identifikasi, produk merujuk pada produk sukses lain dengan posisi pasar lebih bagus. Produk lain ini bisa berasal dari ‘grup yang sama’, atau bisa juga produk kompetitor yang sukses. Kesimpulannya, kebutuhan diferensiasi bergantung pada posisi produk pada dimensi harga; harga tinggi cocok untuk diferensiasi dan harga rendah memerlukan identifikasi. Selain itu, identifikasi tidak dimungkinkan bila tak ada produk yang posisinya lebih tinggi di pasar. Dalam identifikasi, yang dirujuk justru merek yang berbasis diferensiasi. Sehingga, discount brand akan kurang berhasil jika merek tak memiliki poin rujukan di level yang lebih tinggi. Maka sementara orang berpendapat, kesuksesan private label bisa dibilang berhutang budi pada merek pabrikan yang sukses di kategori produk itu. Mungkin karena itulah ada argumen yang bilang bahwa merek pemimpin pasar sebenarnya turut mengiklankan merek-merek kecil.

1 Komentar

  1. menambah pengetahuan nihhh


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s