Riset Pasar langsung ke Komunitas Merek


Riset pasar tidak selalu dilakukan di belakang meja. Kasus HD sangat menarik. Suatu ketika manajemen Harley Davidson (HD) ingin mempelajari sejauh mana produk HD mewarnai hidup pelanggan mereka. HD lantas bekerja sama dengan para profesor marketing yang kemudian memutuskan bergabung ke HOG (Harley Owners Group) club, mendatangi sejumlah even, mengambil foto, mewawancarai anggota, dan berkelana mengendarai motor gede (moge) bersama kelompoknya.

Apa yang sebenarnya konsumen cari? Apa yang menarik kita pada sebuah produk? Mengapa kita membeli? Lewat riset pasar, pemasar kini getol mencari alasan di balik pembelian produk atau merek tertentu. Untuk mengetahuinya lebih jauh terkadang periset terjun langsung melakukan penelitian lapangan dan menceburkan diri ke komunitas merek (brand community) tertentu. Misalnya, ya apa yang dilakukan HOG.

Pengalaman riset pasar HD ini mencuatkan beberapa wawasan tentang alasan pelanggan membeli moge, busana serta pernak-pernik HD. Beberapa orang ingin melibatkan diri lebih sebagai wujud ekspresi kebebasan, sejumlah lainnya ingin menggabungkan diri ke sebuah subkultur, lainnya karena ingin menunjukkan patriotisme atau pelestarian warisan budaya, sisanya lagi ingin memproklamirkan sebagai ekspresi kejantanan.

Padahal tulisan-tulisan awal tentang pemasaran banyak diwarnai teori ekonomi yang mengasumsikan ‘manusia rasional’, bahwa dalam melakukan pembelian, manusia getol meminimalkan biaya sekaligus memaksimalkan utilitas atau nilai-nilai fungsional. Namun, jelaslah konsumen juga membeli barang lantaran alasan emosional dan alasan ‘non-rasional’ lainnya. Produk dibeli agar orang lain terkesan! Atau sekedar untuk menghadiahi diri sendiri, untuk merubah citra diri, untuk mengenang masa-masa indah dulu, untuk menonjolkan diri, sebagai pelepas katup temporer dari hidup yang sangat menekan….

Hanya riset pemasaran yang mendalam yang bisa mengungkap itu semua. Bagaimana menurut Anda?

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s