KOMUNIKASI POLITIK OBAMA

Barack Obama terpilih sebagai Marketer of the Year  2008 dari Ad Age mengalahkan merek-merek terkenal seperti Apple dan Nike. Betapa tidak? Sejumlah jajak pendapat hingga dua minggu menjelang pemungutan suara mengunggulkan Barack Obama sebagai pemenang pilcapres Amerika Serikat 2008. Koran-koran terkenal bahkan sudah merilis tajuk rencana yang mendukung Obama sebagai kandidat presiden yang paling tepat untuk mengurai kekusutan masalah, baik ekonomi maupun geopoltik, yang kini mengancam AS ke tubir jurang resesi ekonomi.

Kemenangan Obama hingga sampai pada tahap ini banyak dinilai sebagai kemenangan komunikasi politik kandidat berkulit hitam ini. Berbagai piranti dan saluran komunikasi, baik yang tradisional maupun non-konvensional, dimanfaatkan secara optimal. Terlepas dari besarnya dana kampanye yang berhasil dikumpulkan Obama yang memang jauh lebih besar dari jumlah yang berhasil dikumpulkan McCain, strategi komunikasi politik tim kampanye Obama dan eksekusinya di lapangan sungguh merupakan pameran pemanfaatan media dan elaborasi issu-issu yang efektif dan cukup inovatif.

Dari sisi pemasaran bisa dikatakan Obama telah merumuskan Positioning, Diferensiasi dan Branding secara tepat. Tema CHANGE menjadi inti pesan kampanye politik Obama yang mampu menyihir, mengaduk-aduk emosi serta sekaligus memberi harapan bagi banyak warga Amerika yang kini pesimis dan sinis dengan ulah para elit yang hampir-hampir menenggelamkan negara itu dalam keterpurukan. Tiga issu utama yaitu pengurangan pajak bagi 95% warga, revitalisasi pendidikan, kesehatan dan energi serta penggunaan kekuatan militer secara lebih bijak dan efektif menjadikan pesan kampanye yang dibawakannya menonjol dan ‘seksi’.

Pengemasan pesan dilakukan secara cerdas melalui berbagai media cetak, elektronik dan digital. Untuk memikat anak muda, tak ragu tim kampanye Obama membeli space di YouTube dan berbagai forum maya, termasuk langkah terakhirnya membeli space di video game yaitu dalam sembilan game buatan Electronic Arts Inc (EA) yang dimainkan dengan konsol Xbox 360. Beberapa di antaranya game terkenal di AS, seperti game sepak bola Amerika Madden 09 dan balap mobil Burnout: Paradise.Jutaan merchandise dan kartu valentin disebar dan disasarkan ke pemilih muda.

Tokoh-tokoh selebriti baik dari dunia keartisan (George Clooney, Bruce Springsteen, Billy Joel), media (Oprah), politik (keluarga Kennedy) dirangkul dan didengar aspirasinya. Obama tak segan-segan mendatangi rumah ke rumah di daerah basis Republik. Tanpa ragu dia melempar pesan terima kasih pada Hillary Clinton, mantan lawan politiknya dalam primaries.

Untuk menancapkan pesan-pesan penting di benak warga AS dalam sejumlah issu kontroversial yang perlu penjelasan, dia merilis sejumlah iklan komparatif, yang terkadang dicap iklan negatif oleh pihak lawan. Dalam iklan, pidato dan tema debatnya , Obama berulang-kali menekankan bahwa McCain hanyalah pendukung dan kepanjangan tangan pemerintahan Bush, yang kini sangat tidak populer di mata rakyat AS. Sementara Obama beda, dia akan merubah itu semua.

9 Komentar

  1. Ancene mantep…

  2. Wah makasih suhunya worpress dah singgah ke gubuk saya he he

  3. marketing nya obama emank top markotop good mar marsogood.

  4. woooowwwwwwwww…..

  5. salam kenal>>>>
    gimana yaaaaa nyontoh system markrtingnya oBAMA

  6. apapun itu,adalah perjalanan Amerika harus dipimpin kulit hitam untuk adanya change utamanya untuk penyelesaian politik luar negeri yang begitu mengerikan pd priode sebelumnya.Semoga benar-benar terjadi perubahaqn/Change.

  7. […] tentang Personal Branding. Apalagi ketika Obama sukses menerapkannya sehingga terpilih jadi Marketer of the Year sekaligus Presiden Amerika […]

  8. obama is the best from the best…
    change we can believe in…..

  9. Apa yg dilakukan obama sangat jenius dalam mendapatkan semua yang dia cita2kan, saya sangat senangdengan pencapaian obama kini, mudah2an obama bisa membawa kedamaian dunia.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s