Bauran komunikasi pemasaran

Untuk menyampaikan sesuatu pada konsumen dan pihak-pihak terkait lainnya, pemasar kini bisa memilih aktivitas komunikasi tertentu, sering disebut elemen, fungsi atau alat (tool) yang terutama terdiri dari periklanan, penjualan personal, humas (PR) dan promosi penjualan. Berkat kemajuan teknologi dan perkembangan ilmu pemasaran, kini komunikasi perusahaan tidak lagi terbatas pada platform komunikasi konvensional yang secara kolektif disebut dengan bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix). Daftar yang sedikit lengkap akan mencakup bentuk-bentuk piranti komunikasi di bawah ini:

Iklan balon, promosi merchandise, MPR, penjualan di pesawat, spanduk, kontes, game, press kit, presentasi, katalog, kemasan, lotere, rapat penjualan, mailing, seminar, program insentif, telemarketing, sampling, laporan tahunan, jejaring sosial di internet, brosur, pekan raya, sumbangan amal, TV shopping, poster, pameran dagang, sponsorship, fax mail, direktori, demo, publikasi, e-mail marketing, kupon, voice mail, baliho/billboard, program rabat, lobbying, display sign, financing, majalah intern, event, logo, program tukar tambah, ambient advertising, dll.

Setiap alat promosi punya karakter dan biayanya sendiri-sendiri. Memang masih banyak perusahaan yang mengandalkan satu atau dua alat promosi untuk mencapai tujuan komunikasinya. Praktek ini masih dilakukan walau kini muncul fenomena terbaginya pasar massa menjadi banyak niche  (ceruk pasar) yang masing-masing menuntut pendekatan tersendiri; belum lagi kalau dipertimbangkan munculnya berbagai jenis media baru dan tuntutan konsumen yang makin canggih.

Style dan harga produk, bentuk dan warna kemasan, tatacara dan busana wiraniaga, dekorasi ruangan, alat tulis kantor – semuanya mengkomunikasikan sesuatu pada pelanggan. Setiap brand contact membawa kesan yang bisa memperkuat atau justru memperlemah citra perusahaan di mata konsumen. Karena itu, pemasar mesti memadukan keseluruhan bauran pemasaran dalam komunikasi pemasaran terpadu agar dapat efektif mengkomunikasikan pesan dan positioning strategis yang konsisten pada konsumen.

3 Komentar

  1. assllkm,
    pak uyung, imel mau nanya nih, perbedaan dari komunikasi pemasaran dengan IMC itu apa sich.? soaLNYA perbedaannya sangat kecil sekali, untuk itu saya mohon bantuan pak uyung untuk menjawabnya. terima kasih.

  2. IMC itu singkatan dari integrated marketing communications, jadi gampangnya merupakan aplikasi alat2 (tools) komunikasi pemasaran secara terpadu. Sbgmn kita tahu ada 4 bauran komunikasi pemasaran konvensional: iklan, promosi penjualan, direct selling dan PR/humas. Menurut the American Association of Advertising Agency, IMC adalah: Konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah dari perencanaan komprehensif yang mengkaji peran strategis masing-masing bentuk komunikasi dan memadukannya untuk meraih kejelasan pesan, konsistensi dan dampak komunikasi maksimal melalui keterpaduan pesan.

  3. mas,..
    kalo bauran komunikasi pemasaran tu sama ma bauran promosi g??


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s