Jasa dalam ekonomi modern

Sebagai konsumen, kita mengkonsumsi jasa setiap harinya. Saat menyalakan lampu, memangkas rambut, berbicara melalui telepon, naik bis, menonton acara teve-kabel, mengunjungi dokter gigi,  mengeposkan surat, mengisi bensin, menguangkan chek atau mencucikan baju ke laundry adalah contoh-contoh pemakaian jasa di tingkat individu. Sebagai tambahan dari jasa pendidikan, fasilitas yang disediakan di kampus mencakup pula perpustakaan, jasa foto kopi, telepon dan internet, kantin, layanan konseling, toko buku dan bahkan bank. Bila Anda terdaftar di universitas ternama, mungkin tersedia pula layanan tambahan seperti hotspot, kolam renang, klinik, kantor pos, fasilitas olahraga baik yang indoor maupun outdoor dan mungkin juga kantor pengembangan karir.

Pelanggan tidak selalu puas dengan kualitas dan nilai jasa yang mereka terima. Tidak jarang kita mengeluhkan keterlambatan delivery jasa, personel penyedia jasa yang bersikap kasar atau tidak kompeten, delivery jasa yang molor, prosedur yang terlalu rumit dan banyak lagi masalah lain. Kita menggerutu karena kesulitan mencari penjaga toko saat belanja, mengekspresikan rasa frustasi atas kesalahan tagihan kartu kredit atau rekening bank, geleng-geleng kepala saat menghadapi mesin ATM baru yang rumit, mengomel atas kualitas yang rendah dan menghela napas saat kita terpaksa menunggu untuk mendapat layanan atau mengantri kemana pun kita pergi.

Di sisi lain nampaknya penyedia jasa menghadapi masalah yang jauh berbeda. Banyak dari mereka mengeluh betapa sulitnya meraup keuntungan, betapa susahnya mencari karyawan yang smart dan bersemangat, atau betapa sulitnya memuaskan pelanggan. Sejumlah perusahaan nampaknya bahkan percaya bahwa cara yang paling terjamin untuk meraih kesuksesan finansial adalah dengan cara memangkas biaya dan mengeliminasi pengeluaran-pengeluaran ekstra yang tak perlu.

Untungnya, hampir di tiap bidang kerja dapat kita temui penyedia jasa yang tahu bagaimana cara menyenangkan pelanggan yang mengandalkan operasi yang produktif dan menguntungkan serta jajaran karyawan yang kompeten, tulus melayani dan sekaligus menyenangkan.

 

 

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s